23 Tahun Berdiri, Tak Banyak Yang Tau Siapa Sebenarnya Sosok Ini !

Bajubang News - Kali ini tim Bajubang News mencoba menguak fakta sejarah berdirinya Tugu Perjuangan yang berlokasi di kampung Legok Kelur...

Bajubang News - Kali ini tim Bajubang News mencoba menguak fakta sejarah berdirinya Tugu Perjuangan yang berlokasi di kampung Legok Kelurahan Bajubang.

Seperti yang kami langsir dari buku yang berjudul "Selayang Pandang Keberadaan Tugu Perjuangan Kemerdekaan Di Bajubang" terbitan tahun 1995 yang dicetak pada masa Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jambi (Sekarang Gubernur Jambi) tepatnya pada masa pemerintahan Drs.H Abdurrahman Sayoeti.


LATAR BELAKANG SEJARAH 

Didalam buku tersebut tertulis fakta sejarah asal muasal dibangunnya Tugu Perjuangan ini.
Di Bajubang tidak terlepas dari perang kemerdekaan dan palisionel aksi ke-2 Belanda pada tahun 1948.

Yang mana Belanda (NICA) saat itu bertekat menjajah kembali tanah air dan bangsa Indonesia, dengan melakukan pelanggaran setiap perjanjian Internasional Indonesia - Belanda yaitu " Linggar Jati dan Renvile".

Tindakan Belanda diimbangi pihak RI dengan mengadakan perlawanan melalui taktik strategi militer, yaitu : Perang Gerilya serta Politis Internasional dengan Diplomatis.

Agresi ke-2 Belanda (NICA) melakukan serangan ke seluruh Kota, Desa dan Ibu Negara Jogyakarta, tidak terkecuali Ibu Kota Kresidenan Djambi (Jambi sekarang) mendapat serangan dahsyat dengan kekuatan penuh.

Tanggal 29 Desember jam 07.30 WIB, 40 pesawat terbang dengan 20 kapal perang berbagai jenis disertai para trup Belanda menyerbu Jambi. Dengan taktis strategis militer Belanda sudah menguasai tempat-tempat yang sangat vital, seperi tambang minyak.

Untuk menghindari kemajuan pasukan Belanda, maka pejuang kita membumi hanguskan Kota, Desa dan jembatan penghubung.

Untuk mengamankan tempat-tempat yang strategis, Belanda dengan segala cara melakukan tindakan brutal diluar kemanusiaan.


PERTEMPURAN DI BAJUBANG

Pada jam 14.30 WIB hari yang sama, 29 Desember 1948 dan dalam waktu bersamaan Kenali Asam, Tempino, dan Bajubang diserang dengan pesawat udara dan para trup Belanda.

Khusus serangan Belanda ke Bajubang, ditandai dengan datangnya pesawat-pesawat pemburu dengan melakukan tembakan gencar ke sasaran pasukan TNI STD ( Sub. Teritorial Djambi ) Kompi Bajubang, pejuang Daerah jambi ini pun tidak gentar melakukan serangan balik, dibantu oleh Pegawai PERMIRI ( Pertambangan Minyak RI ) Bajubang (yang sekarang disebut PERTAMINA)

Dengan perlawanan gagah berani pantang menyerah, menggunakan senjata berat ACC / SPN Kaliber 12,7 yang ditempatkan pada beberapa lokasi strategis, tapi sayang senjata tersebut hanya dapat meletus beberapa kali seperti senjata ACC lainnya, akibat sabotase.

KOMENTAR

Nama

Cuaca,1,Ekonomi,1,HarusTau,3,Horror,2,Intermezzo,2,Kesehatan,1,Kuliner,1,Misteri,2,Pembangunan,2,Pemerintah,2,Sejarah,1,Sosial,1,TechNews,1,Wisata,1,
ltr
item
bnews: 23 Tahun Berdiri, Tak Banyak Yang Tau Siapa Sebenarnya Sosok Ini !
23 Tahun Berdiri, Tak Banyak Yang Tau Siapa Sebenarnya Sosok Ini !
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZ4erDhDEeK67wmJzE8Mfh_vIJVm020nSy1DBnriwrzu06el4jtDsbUfxUNJ0Vv_hKmsPnobmK27UNy7vWkMIoiX_giGEeWSpwQ-1XIwIPpx_0K1np-gLF2aH5KpWK5eWmW7UR5HzyaEb-/s1600/IMG_20170906_161125_HDR.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZ4erDhDEeK67wmJzE8Mfh_vIJVm020nSy1DBnriwrzu06el4jtDsbUfxUNJ0Vv_hKmsPnobmK27UNy7vWkMIoiX_giGEeWSpwQ-1XIwIPpx_0K1np-gLF2aH5KpWK5eWmW7UR5HzyaEb-/s72-c/IMG_20170906_161125_HDR.jpg
bnews
https://bnews-officer.blogspot.com/2017/09/23-tahun-berdiri-tak-banyak-yang-tau.html
https://bnews-officer.blogspot.com/
http://bnews-officer.blogspot.com/
http://bnews-officer.blogspot.com/2017/09/23-tahun-berdiri-tak-banyak-yang-tau.html
true
7357493464531686050
UTF-8
Lihat semua berita Berita tidak tersedia LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Beranda Halaman Berita Lihat Semua DISARANKAN UNTUK ANDA Label ARSIP CARI SEMUA BERITA Berita yang kamu cari belum di posting admin Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Mig Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januar1 Februar1 Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Hanya Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Minggu Lalu $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI PREMIUM Mohon Bagikan Untuk Membuka Copy Semua Code Pilih Semua Code Semua code ini tersalin ke clipboard anda Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy